Viral Kroser Melindas Batu Berusia Jutaan Tahun Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu

  • Randi Angkasa
  • 31 Juli 2017 | 19:25:11
  • 521 Kali Dilihat
Viral Kroser Melindas Batu Berusia Jutaan Tahun Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu
Viral foto Kroser yang melindas batu berusia puluhan juta tahun di Geopark Ciletuh. Foto: Dok. Detik.com

Beritaenam.com, Jakarta –  Pesona keindahan yang tersaji oleh alam terbilang lengkap dari Ciletuh Geopark yang berada di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, atau berjarak sekitar 30 kilometer sebelah selatan barat daya dari Pelabuhan Ratu ini.

Lengkap dimaksudkan, Ciletuh Geopark menawarkan keindahan panorama dari pantai, air terjun, persawahan, hutan, pegunungan, dan yang tak kalah menarik menjadikan salah satu hamparan batu-batunya tertua di Pulau Jawa, berusia antara 60-120 juta  tahun yang lalu.

Hanya saja, lokasi Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu yang tengah dinilai UNESCO untuk bisa diakui sebagai UNESCO Global Geopark (UGG), harus tercederai oleh ban motor trail yang melintas di lokasi batu batik atau ‘punggung naga’ masyarakat setempat biasa menyebut areal bebatuan purba dari zona inti dari Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu.

Karena prilaku buruk dari seorang oknum kroser tersebut, masyarakat Sukabumi, seperti melansir dari Detik.com, Senin (31/7) warganet pun dibuat kesal.

"Itu areal batu batik atau punggung naga yang berada di kawasan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jabar. Semalam foto itu saya dapat dari seorang kawan penggiat lingkungan," ujar Yudi Mulyadi, warganet yang memposting foto oknum kroser itu.

Dirinya mengakui bahwa informasi terkait oknum kroser tersebut sudah lama namun dirinya baru saja mendapat foto tersebut tadi malam. "Teman yang lain ngak mau posting foto tersebut, saya hanya ingin menunjukan kepada BKSDA bahwa ini terjadi di kawasannya, padahal areal tersebut dijaga oleh BKSDA," tambahnya masih mengutip dari Detik.com.

Sejalan dengan Yudi, penggiat lingkungan dan olahraga bermotor dari komunitas TRAGIS (Trail Adventure Cimanggis), Agus Blues Asianto menegaskan, teramat disayangkan obyek wisata yang terbentuk dari sebuah palung subduksi konvergensi lempeng dan telah berumur puluhan juta tahun.

“Sangat disayangkan hanya karena ulah oknum kroser ini, sehingga kita yang terbiasa blusukan dengan motor trail harus kena getahnya dari prilaku buruk kroser yang berselpie di atas bebatuan tertua di pulau Jawa ini,” tegas Agus Blues Asianto.

Selanjutnya timpal Agus, “Mari kita bantu viralkan. Mungkin Kroser ini pingin cepat ngetop jadi seleb.”

(asa)

Tag :
Follow Us :

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

  • ©2017 beritaenam.com

Portal Berita beritaenam.com