,

Benarkah kedelai buruk untuk kesehatan seksual pria?


Illustrasi foto:istimewa

Rabu, 18 Februari 2015 - 14:00:51 WIB
Doddy

Kedelai sudah bukan hal baru bagi masyarakat Indonesia. Faktanya, kedelai sudah banyak dinikmati masyarakat Indonesia lewat berbagai bentuk, mulai dari tempe, tahu, kedelai, hingga susu kedelai. Kedelai juga ditengarai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Meski begitu, telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kedelai tak sesehat yang diduga. Bahkan konon kabarnya kedelai tak baik dikonsumsi oleh pria karena kadar estrogen yang ada di dalamnya. Apakah hal ini benar, atau hanya sekedar mitos belaka? Dr Neha Sanwalka dari Health Sciences akan mengungkap kebenarannya untuk Anda.

Menurut Sanwalka, pria tak harus menghindari konsumsi kedelai. mengonsumsi kedelai dalam jumlah yang sedikit atau cukup masih aman untuk pria. Kedelai kaya akan isoflavons, salah satu jenis antioksidan yang mengandung phytoestrogen dalam bentuk tanaman. Meski begitu, estrogen ini tak akan membahayakan kesehatan pria jika hanya dikonsumsi dalam jumlah sedikit.

Mengonsumsi banyak kedelai bisa memberikan efek buruk pada kesehatan pria. Beberapa penelitian mengungkap bahwa mengonsumsi terlalu banyak kedelai atau makanan olahan kedelai bisa memberikan efek buruk pada kesehatan seksual pria, seperti dilansir oleh Health Site (17/02).

Beberapa di antaranya adalah mengacaukan tingkat hormon pria (testosteron), menurunkan libido, menurunkan jumlah produksi sperma dan mengganggu tingkat kesuburan pria. Lantas, berapa banyak kedelai yang aman untuk dikonsumsi oleh pria?

Konsumsi kedelai juga bisa memberikan manfaat pada pria seperti menurunkan risiko kanker prostat atau mencegah penyakit jantung. Meski begitu, sebaiknya pria hanya mengonsumsi sedikit saja kedelai, sekitar satu sampai dua porsi sesekali.

Pria yang ingin segera memiliki anak sebaiknya menghindari makan kedelai. Protein bermanfaat yang terkandung dalam kedelai bisa digantikan dengan makanan lain seperti susu, keju, jamur, kacang-kacangan, telur, atau daging unggas.(s/be)


 

Akses http://m.beritaenam.com dimana saja melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda.
KOMENTAR ANDA

komentar

Go Top